SETELAH SEHABIS LEBARAN IDUL FITRI 2009 LALU IA TIDAK SEMPAT MENZIARAHI MAKAM AYAH DAN IBUNDANYA, BARU BEBERAPA HARI LALU IA DATANGI DAN ZIARAHI MAKAM AYAHNYA LAGI. SETELAH DUA/TIGA MINGGU SEBELUMNYA [SAAT DAPAT TOPI BARU], IA MENZIARAHI MAKAM IBUNDANYA. MAKLUM LOKASI MAKAM BERBEDA TEMPAT DAN JAUHNYA MASING2 KURANG LEBIH 5 KM LEBIH, KAN LUMAYAN CAPEK KALAU CUMA JALAN KAKI.

PAS DI MAKAM IBUNDANYA IA TIDAK KASIH TAHU TEMAN2 DULU DAN KATANYA TIDAK ADA SESUATU HAL YG PENTING., NAMUN SAAT IA AKAN ZIARAHI MAKAM AYAHNYA, DAN SEBENARNYA BERTEPATAN SAAT IA DALAM SITUASI SAAT2  MENENTUKAN  PENGGREBEGAN NOORDIN TOP DULU, IA BATALKAN, MAKA SEKARANG IA MINTA KAWAN2 TERDEKAT LOKASI MENUNGGU & MENGADAKAN PEMBERSIHAN AREA DULU BILA ADA HAL2 YG MENCURIGAKAN.

BEGITU SAMPAI DI LOKASI, IA NAMPAK SEDIH  SEKALI, DI SITU TERLIHAT HANYALAH SEONGGOK TANAH MAKAM YG TIDAK TERAWAT DAN HANYA DI BERI PAGAR KLILING DG BATU BATA DAN TERTULIS SEBUAH PAPAN NAMA : ZULACHIR BIN BURHANUDDIN DJASSAN, BORN 19-02-1944, DEATH 16-09-2008.  TAK SENGAJA LALU IA NENGOK KE SAMPING KANAN [MAKAM NENEK TIRINYA]  IA NAMPAK SINIS SEKALI DAN BILANG: “KENAPA KELUAR? MAU MARAH PADAKU? AYO MARAHLAH! MAU BALAS AYO BALASLAH KALAU BISA! LIHAT ULAH ANAKMU ITU,  MAKAM AYAHKU, SUAMINYA TIDAK IA PEDULIKAN, SEKALIPUN IA SUDAH DAPATKAN UANG RATUSAN JUTA HASIL MENJUAL RUMAH AYAHKU!” KATANYA AGAK KERAS.

LALU IA DUDUK BERLUTUT DI DEPAN MAKAM AYAHNYA, [SAAT ITU BARULAH KAMI MELIHAT MEMANG BAYANGAN SEORANG WANITA BERAMBUT PANJANG DAN MEMAKAI KAIN PANJANG BERDIRI DI ATAS MAKAM NENEK TIRI LETKOL BOBBY MEIDIANTO DENGAN SINAR MATA AGAK MARAH].

LALU LETKOL BOBBY BICARA SENDIR DENGAN NADA SEDIH, PADA MAKAM AYAHNYA ITU:

” PAH? SUDAH TAHUKAH SEKARANG PAH? SIAPA SEBENARNYA YG SALAH? PAH, [LETKOL BOBBY BIASA MEMANGGIL AYAHNYA DG SEBUTAN: PAPAH DAN KEPADA IBUNYA: MAMAH], SEKARANG TAHUKAH KAMU PAH? BAHWA SEBENARNYA ENGKAU SUDAH MEMBUNUHKU SEJAK KAU NIKAHI PEREMPUAN ITU, BU NING ITU DULU, DAN MALAH JUSTRU, MENGANGGAPKU, PENGACAU. SEKARANG, IA PERGI BEGITU SAJA DENGAN UANG HASIL PENJUALAN RUMAHMU ITU DAN TIDAK SEPESERPUN KAU DAN DIRINYA  BERIKAN  PADAKU HAK WARISAN  BAGIKU? AKU TAK MENGAPA PAH, BILA ITU MEMANG KAU INGINKAN, TAPI AKU TAK MAU AKUI IA DAN ADIK2 TIRIKU LAGI SEBAGAI IBU DAN ADIK2KU. SEMOGA PAPAH MASIH DIBERI AMPUNAN OLEH YG MAHA KUASA , AKU TETAP DOAKAN ITU DENGAN IKLASH, SULIT BAGIKU DULU JELASKAN SEMUA ITU, SEBAB PAPAH JUGA BEGITU KERAS PADAKU DAN BENAR2 NEGATIF THINGKING PADAKU.

LALU LETKOL BOBBY MEBACA TALQIN DAN BACA BEBERAPA AYAT LALU SELESAI, IA MELANJUTKAN LAGI PERJALANAN NGAMENNYA. KAWAN2 TERHARU, NAMUN MELIHATNYA BEGITU TABAH, DAN TETAP TEGAR, KAMI TIDAK KAWATIRKAN LAGI.